Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis pada Microsoft Word

3/21/2017 03:16:00 PM
Jika sebelumnya saya telah membahas tentang cara membuat daftar isi otomatis pada Ms.Word, maka sekarang saya akan membahas tentang cara membuat daftar pustaka otomatis pada Ms. Word

Dalam pembuatan daftar pustaka tentunya ada beberapa aturan cara penulisan yang harus dipenuhi. Pustaka yang bersumber pada buku, berbeda cara penulisannya dengan yang bersumber pada jurnal, majalah, makalah, ataupun halaman web. Tentu akan sangat merepotkan jika kita mengurutkannya secara manual. Untungnya Ms. Word memiliki fitur bawaan Citations & Bibliography yang dapat memudahkan pekerjaan kita.

Langsung saja yang pertama silakan buka Ms. Word Anda. Klik Ribbon References > Manage Sources yang ada pada bagian Citations & Bibliography.

Lalu akan muncul jendela baru bernama Source Manager. Pada jendela tersebut klik New...

Lalu akan terbuka lagi jendela baru yang bernama Create Source. Pertama silakan pilih bahasa yang terdapat pada kolom Language. Selanjutnya memilih jenis sumber daftar pustaka yang digunakan. Selanjutnya silakan mengisi seluruh data yang dibutuhkan. Kemudian klik Ok untuk menyimpan.

Apabila ingin menambahkan sumber lainnya silakan klik New... lalu seperti pada langkah di atas. Selain menambahkan sumber melalui Manage Sources, stasi dapat langsung ditambahkan melalui menu Insert Citation > Add New Source... Lalu akan muncul jendela Create Source seperti langkah di atas.

Selanjutnya jika ingin menampilkan daftar pustaka, arahkan kursor pada halaman yang ingin diberi daftar pustaka, selanjutnya klik pada Ribbon References > Bibliography > Insert Bibliography maka secara otomatis semua daftar pustaka yang telah ditulis akan ditampilkan berurutan dan rapi.

Style penulisan daftar pustaka juga dapat dipilih melalui menu Style.

Jika ingin menambahkan sumber baru maka caranya kembali ke langkah pertama, selanjutnya klik kanan pada daftar pustaka dan pilih Update Field maka secara otomatis daftar pustaka akan diperbarui.

Demikian cara membuat daftar pustaka otomatis pada Ms. Word.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk penulisan huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk penulisan huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk penulisan huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk penulisan huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk penulisan kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

No comments

Silakan komentarnya untuk kemajuan blog ini.
Tapi jangan spam ya :)