Daftar isi merupakan salah satu komponen wajib yang harus ada
pada sebuah buku, skripsi, jurnal, ataupun makalah. Namun sayangnya, masih
banyak orang yang membuatnya dengan cara manual padahal itu akan sangat
membuang waktu. Jadi sekarang saya akan mengulas bagaimana cara membuat daftar
isi di Microsoft Word secara otomatis.
Secara garis besar, caranya hanya membutuhkan dua langkah.
Langkah pertama menentukan judul dan sup judul yang akan dimasukkan ke dalam
daftar isi. Sedangkan langkah kedua adalah membuat daftar isi berdasarkan judul
dan subjudul tersebut.
Menentukan
Judul dan Subjudul
Untuk
membuat daftar isi, pertama tentukan terlebih dahulu mana judul dan subjudul
dari tulisan Anda. Blok teks yang menjadi judul tersebut kemudian aplikasikan
style Heading 1.
Aplikasikan
Heading 1 untuk judul utama dari setiap bab. Untuk subjudul, gunakan Heading 2,
Heading 3, dan seterusnya. Jika Anda tidak menyukai warna maupun jenis font
pada Heading tersebut, Anda bisa mengubahnya melalui menu modify. Caranya klik
kanan pada heading tersebut.
Membuat
Daftar Isi
Setelah
menentukan judul dan subjudul, sekarang saatnya membuat daftar isi tersebut. Berikut
langkah-langkahnya:
1. Klik pada tempat kosong dimana Anda
ingin meletakkan daftar isi.
2. Klik menu References > Table of
Contents, pilih opsi pertama dan kedua untuk membuat daftar isi otomatis.
3. Daftar isi akan muncul di dokumen
Anda. Anda bisa mengupdate daftar isi tersebut dengan mengeklik Update Table.
Setelah mempelajari cara membuat daftar isi secara otomatis pada Ms. Word, silakan ikuti cara membuat daftar pustaka otomatis pada Ms. Word.
Setelah mempelajari cara membuat daftar isi secara otomatis pada Ms. Word, silakan ikuti cara membuat daftar pustaka otomatis pada Ms. Word.
No comments
Silakan komentarnya untuk kemajuan blog ini.
Tapi jangan spam ya :)